HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR TERHADAP PRESTASIBELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIISMP NEGERI DI KECAMATAN BINANGUN TAHUN PELAJARAN2015/2016

Ratih Suryaningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan pengua­saan materi matematika sekolah dasar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Binangun. Dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik propotionate ran­dom sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta menggunakan me­to­de angket dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi. Ke­simpulan da­lam penelitian ini: ada hubungan yang po­sitif dan sig­nifikan an­ta­ra: motivasi belajar, penguasaan materi matematika se­kolah dasar, dan  motivasi belajar dan penguasa­an materi matematika sekolah dasar terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: motivasi belajar, penguasaan materi matematika sekolah dasar dan prestasi be­l­a­jar matematika.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v23i2.3172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.